Mohon di Perhatikan dan Cek Apakah Botol Minum Atau Kotak Makan Plastikmu Membahayakan Kesehatan !!

Mohon di Perhatikan dan Cek Apakah Botol Minum Atau Kotak Makan Plastikmu Membahayakan Kesehatan !!
Mohon di Perhatikan dan Cek Apakah Botol Minum Atau Kotak Makan Plastikmu Membahayakan Kesehatan !!

Saat makanan atau minuman panas, berlemak, mengandung asam atau asin ditempatkan di wadah plastik, pada akhirnya memungkinkan transfer bahan kimia dari kemasan plastik ke dalam makanan atau minuman. Bisphenol A (BPA) dan phthalates adalah dua bahan kimia dari plastik yang sering dikaitkan dengan risiko gangguan kesehatan.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi hampir selalu bersentuhan dengan plastik, sejak dijual di pasar atau supermarket, kita bawa ke rumah, hingga kita olah dan simpan. Dalam proses ini, terjadi transfer bahan kimia dari kemasan plastik ke bahan makanan. BPA dan phthalates disebut dapat mentransfer bahan berbahaya tersebut.

BPA merupakan bahan yang telah lama digunakan untuk mengeraskan plastik, termasuk botol minuman dan kotak tempat makanan yang dapat dipakai ulang. Bahan ini juga umumnya terdapat pada kaleng susu formula untuk mencegah karat, botol susu bayi, dan beberapa perlengkapan balita. BPA diduga berdampak kepada peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, gangguan otak serta perilaku pada anak kecil.

Phthalates adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik menjadi kokoh sekaligus fleksibel. Selain pada plastik, bahan ini juga bisa terdapat pada sampo, sabun, deterjen, cat kuku, dan hair spray. Sayangnya, phthalates diduga menyebabkan gangguan pada endokrin. Penelitian juga menemukan bahwa bahan kimia yang terdapat pada wadah dan bungkus plastik ini turut berperan menimbulkan diabetes dengan meningkatkan resistensi insulin pada anak, belum lagi turut memicu obesitas pada anak. Bahan ini terbukti berdampak kepada respons tubuh terhadap glukosa dengan memengaruhi gen-gen yang berperan mengatur pelepasan insulin.

Phthalates juga diperkirakan berisiko menghambat kerja testosteron sehingga memengaruhi saluran reproduksi pria dan organ tubuh lain. Dalam kadar tinggi, bahan ini dapat dihubungkan dengan rendahnya jumlah dan kualitas sperma pria dewasa. Pada ibu hamil, paparan phthalates dalam kadar tinggi menjadikan ibu lebih berisiko mengandung bayi laki-laki dengan anus dan skrotum yang berjarak lebih pendek. Tidak hanya itu. Penelitian menemukan bahwa janin yang terpapar bahan kimia ini dapat lebih berisiko mengidap asma dan gangguan paru-paru.


Menghindari BPA dan Phthalates

0 Response to "Mohon di Perhatikan dan Cek Apakah Botol Minum Atau Kotak Makan Plastikmu Membahayakan Kesehatan !!"

Post a Comment

STOP Taruh Anak Pada Troli Belanja, Jika Tak Ingin Hal Ini Menimp Anak Anda !

STOP Taruh Anak Pada Troli Belanja, Jika Tak Ingin Hal Ini Menimp Anak Anda ! Vivienne Wardrop, ibu lima anak ini mewanti-wanti para or...